GRAVITASI

Gravitasi merupakan sifat percepatan pada bumi yang menghasilkan benda jatuh secara bebas. Percepetan gravitasi pada setiap tempat tidaklah sama. Di equator, percepatan gravitasi sekitar 9,78 m/ssedangkan didaerah kutub sekita 9,83 m/s2.
Gravitasi pertama kali ditemukan oleh ilmuwan fisika yang bernama Sir Isaac Newton. Ia menyampaikan pengertian gravitasi melalui bukunya yang berjudul Jurnal Philosophiae Naturalis Principia Mathematica, pada tanggal 5 Juli 1687. Pengertian gravitas menurut Sir Isaac Newton adalah gaya tarik untuk dating lebih dekat satu sama lain. Sir Isaac Newton pertama kali menemukan gaya gravitasi ketika sedang beristirahat di bawah pohon apel, lalu kemudian secara tidak sengaja kepalanya kejatuhan buah apel, yang kemudian membuat ia berpikir dan memutuskan konsep gaya gravitasi.
Sir Isaac Newton usia 46 tahun
Pohon dekat rumah Isaac Newton
Gravitasi terjadi tidak hanya di bumi saja, tetapi planet lain, matahari dan bulan pun memiliki gravitasi. Beberapa teori tidak dapat menyatakan atau membuktikan bahwa gravitasi timbul karena adanya gravitron  disetiap atom.
Percepatan gravitasi yang dimiliki setiap daerah berbeda-beda. Hal tersebut terjadi karena adanya faktor-faktor yang mempengaruhi percepatan gravitasi. Faktor-faktor tersebut adalah:
1.  Bentuk bumi yang tidak benar-benar bulat, tetapi berbentuk bulat pepat. Sehingga gaya sentrifugal yang menentang gravitasi lebih besar di equator.
2.    Percepatan gravitasi tergantung dari jaraknya terhadap permukaan bumi.
3.    Kepadatan massa bumi yang berbeda-beda.
Percepatan gravitasi merupakan perubahan kecepepatan gaya tarik yang didefinisikan melalui nilai 9,80665 m/s2. Percepatan di tempat lain seharusnya dikoreksi dari nilai ini sesuai dengan ketinggian dan juga pengaruh benda-benda bermassa besar di sekitarnya. Umumnya digunakan nilai 9,81 m/s2 untuk mudahnya.
Gaya gravitasi yang dipengaruhi oleh percepatan gravitasi inilah yang  memberikan gaya sentripental yang menjaga planet-planet tetap pada orbitnya sewaktu mengitari matahari dan bulan swaktu mengitari bumi.
Percepatan gravitasi dimaksudkan untuk menunjukkan perbandingan antara berat (gaya yang menyebabkan percepatan) dengan massa kelembaman, berdarsarkan Hukum Kedua Newton tentang gerak.Nilai percepatan gravitasi dapat dilakukan dengan metode berikut
1.       Ayunan bandul
2.       Osilasi pegas berbeban
Menurut Hukum Newton II
  Percepatan yang dihasilkan oleh resultan gaya yang bekerja pada suatu benda berbanding lurusu dengan resultan gaya, searah dengan resultan gaya berbanding terbalik dengan massa benda.
Selain menggunakan metode ayunan bandul, dapat juga menggunakan metode osilasi pegas.

Contoh gerak Osilasi (getaran) yang populer adalah gerak osilasi pendulum (bandul) . Pendulum sederhana terdiri dari seutas tali ringan dan sebuah bola kecil (bola pendulum) bermassa m yang digantung pada ujung tali
                                               

Ketika beban digantungkan pada ayunan dan tidak diberikan gaya maka benda akan diam di titik kesetimbangan B. Jika beban ditarik A dan dilepaskan, maka beban akan bergerak ke BC lalu kembali ke A. Gerakan beban akan terjadi berulang secara periodik, dengan kata lain beban pada ayunan diatas melakukan gerakan harmonik sederhana.
Benda yang bergerak harmonis sederhana pada ayunan memliki periode alias waktu yang dibutuhkan benda untuk melakukan satu getaran secara lengkap.Benda melakukan getaran secara lengkap apabila benda mulai bergerak dari titik dimana benda tersebut dilepaskan dan kembali lagi ketitik tersebut.
Pada contoh diatas , benda mulia bergerak di titik A lalu ke titik B, titik C dan kembali lagi ke B dan A. Urutannya adalah A-B-C-B-A. Seandainya benda dilepaskan dari titik C maka urutannya adalah C-B-A-B-C.
Jadi periode ayunan (T) adlaah waktu yang diperlukan benda untuk melakukan satu getaran (disebut satu getaran juka benda bergerak dari titik dimana benda tersebut mulai bergerak dan kembali lagi ke titik tersebut) .Satuan periode adalah sekon/detik. Berdasarkan persamaan diatas, tampak bahwa periode atau getaran sederhana bergantung pada panjang tali.
Setiap gerak yang terjadi secara berulang dalam selang waktu yang sama disebut gerak periodik. Karena gerak ini terjadi secara teratur maka disebut juga sebagai gerak harmonik.Apabila suatu partikel melakukan gerak periodik pada lintasan yang sama maka geraknya disebut gerak osilasi/getaran. Bentuk yang sederhana dari gerak periodik adalah benda yang berisolasi pada ujung pegas.Karenanya kita menyebutnya gerak harmonis sederhana.

Adanya gravitasi jelas sangat bermanfaat dalam dunia migas, diantara manfaat-manfaat yang ada karena gravitasi yaitu sebagai sumber-sumber energi secara tidak sadar, kita memanfaatkan gravitasi sebagai salah satu sumber energi. Misalnya minyak yang berada dibawah tanah yang akan kita olah sebagai sumber energi bisa tetap tersimpan di bawah permukaan bumi. Apabila bumi kita tidak memiliki gravitasi, maka minyak tersebut akan melayang-layang di udara dan tidak akan bisa kita olah dan kita manfaatkan.


Sumber Gambar : Google

Tidak ada komentar:

Posting Komentar